Lapor Suap

Derek Tol Paksa

Tanggal Post: 2012-02-02 07:33:11
Instansi/Layanan Publik: Derek Tol
Suap (dalam Rupiah): 700000.00

Adik saya menjadi korban pemerasan derek tol liar di tol jagorawi. Saat itu mobilnya mogok, dia menelpon derek tol Jasa Marga tapi malah derek tol liar yang duluan datang. Mereka kasar sekali dan mengancam akan melukai adik saya secara fisik dan merusak mobilnya jika tidak mau diderek. Dia mencoba menelpon ke hotline Jasa Marga dan PJR, untuk meminta perlindungan atau bantuan, namun malah seperti sengaja dibiarkan.

Akhirnya diaterpaksa membayar 700 ribu kepada derek liar tersebut, itupun mobilnya diderek tidak sampai rumah melainkan ke bengkel terdekat yang ternyata juga komplotan mereka. Mohon bagi Jasa Marga dan Polri untuk memberi perlindungan kepada pengguna jalan tol dari derek2 liar tersebut. Ini sudah mengarah ke kriminal.

Bikin paspor tanpa perlu menyuap

Tanggal Post: 2012-01-28 20:06:15
Instansi/Layanan Publik: Pembuatan Paspor

Satu-satunya pengalaman mengurus dokumen yang paling membekas adalah ketika kami membuat paspor di kantor Imigrasi Jakarta Timur. Kami mencoba mengikuti semua prosedur yang ada, dan menolak tawaran para calo. Meskipun di beberapa loket agak dipersulit, tapi akhirnya kami berhasil memperoleh paspor dengan harga resmi. Tanpa menyuap sepeser pun. MEmang waktu yang diperlukan lebih lama dibanding jika menggunakan calo. Tapi kami yakin bahwa menunggu lama adalah lebih baik dibandingkan menyuap.

25 rb, SKCK cuma 15 menit

Tanggal Post: 2012-01-25 01:41:06
Instansi/Layanan Publik: Pembuatan SKCK
Suap (dalam Rupiah): 50000.00
On Tags: SKCK ekspress 

Dapat panggilan wawancara kerja mendadak (24 jam) dan waktu itu perusahaan mengharuskan interviewer menunjukkan SKCK.

Akhirnya datang ke polsek Bekasi Barat. Diminta biaya 50 rb jika pengen ekspress, akhirnya terpaksa bayar. Memang benar-benar ekspress hasilnya, cuma 15 menit kelar. Tanpa ngecek database apakah gue pernah melakukan kejahatan atau ngga.

Baru Stempel Kelurahan 150 ribu

Tanggal Post: 2012-01-24 17:14:36
Instansi/Layanan Publik: Izin Usaha
Suap (dalam Rupiah): 150000.00
On Tags: depok SKU 

Memasuki tahun 2012 saya memerlukan surat keterangan usaha untuk persyaratan kredit, dimulailah dari RT,RW pengantar yang tidak memasang tarif cuma wajar saja saya kasih masing2 10 ribu pas di kelurahan oknum keluraanh (bukan lurahnya) cuma ngetik sebentar trus stempel minta 150 ribu tanpa ada kwitansi.

Buat pedagang kecil dan baru merintis usaha ini cukup berat ,belum tentu untung 1minggu berusaha dapat segitu, mereka enak aja mencatut, dasar preman bertopeng. TKP kelurahan Pancoran Mas Depok

Nyuap KUA, mudah2an kawinan saya sah

Tanggal Post: 2012-01-24 06:31:43
Instansi/Layanan Publik: KUA
Suap (dalam Rupiah): 250000.00
On Tags: penghulu  suap  KUA 

Kurang lebih 3 tahun yang lalu saya menikah di Jakarta Selatan. Karena KTP dan domisili saya bukan dari wilayah tersebut, saya harus mengurusnya ke kantor urusan agama yang menaungi wilayah gedung tempat saya akan menikah. Petugas KUA meminta tarif 250 ribu rupiah, itupun tidak termasuk biaya penghulu (yang saya tidak tahu berapa karena diurus mertua saya).

Yang terus menjadi pikiran saya sampai sekarang, kira-kira sah ngga ya kawinan saya?

Tarif resmi dokumen imigrasi

Tanggal Post: 2012-01-22 18:39:13
Instansi/Layanan Publik: Pembuatan Paspor
Suap (dalam Rupiah): 1250000.00

Ketidak jelasan tarif pembuatan maupun perpanjangan paspor adalah satu peluang suap yang besar

sebagai contoh berkenaan dengan diri saya sendiri ketika harus memperpanjang paspor saya dan kedua anak saya,tarif resmi mungkin hanya sekitar 250 ribu per paspor,tetapi jika ingin cepat maka tarif bisa melonjak menjadi antara 500 ribu per orang,lumayan juga kan,,,hal ini nyata saya alami di kantor imigrasi yogya yg berada di jalan solo,padahal jelas-jelas tertulis disitu hindari calo,iya calonya memang nggak ada,wong kita bisa nego langsung ke petugas nya (bpk S),tarif kilat = nggak pakai bertele-tele...(kata "bertele-tele" inilah yang menjadikan kita akhirnya ikut-ikutan "memeriahkan" jagad persuapan di negara kita tercinta),ini baru memperpanjang saja sudah jadi mahal...gimana kalo buat paspor baru yaaaak....

harusnya selain ditulis hindari calo,dikantor imigrasi ditulisi tarif resmi pembuatan /perpanjangan paspor,dan tarif resmi urusan-urusan ke imigrasian lain nya

800 ribu untuk surat nikah

Tanggal Post: 2012-01-20 01:00:55
Instansi/Layanan Publik: Catatan Sipil
Suap (dalam Rupiah): 800000.00
On Tags: suap  catatan sipil  akte nikah 

Rupanya ada modus operandi yang dilakukan pegawai catatan sipil untuk memeras masyarakat yang ingin mengurus surat nikah. Salah satunya adalah seperti yang saya alami.

Tahu bahwa tanggal pernikahan saya (secara katolik) sudah dekat, oknum petugas catatan sipil sengaja meminta uang jika saya ingin mempercepat proses administrasi. Dia beralasan KTP saya adalah KTP luar daerah, yang memerlukan tandatangan beberapa orang/pimpinan. Jika tidak memberikan uang yang diminta, dia tidak menjamin dokumen saya akan selesai sebelum pernikahan.

Akhirnya saya membayar Rp800 ribu kepada oknum tersebut.

Tilang di perempatan Kuningan

Tanggal Post: 2012-01-19 17:49:43
Instansi/Layanan Publik: Proses Tilang
Suap (dalam Rupiah): 25000.00
On Tags: tilang 

Saya di tilang di perempatan kuningan karena 3 in 1, dan dipaksa menyuap karena SIM saya akan ditahan tanpa surat tilang karena petugas polisi tsb beralasan lalu lintas sedang padat sehingga tidak mungkin menyelesaikan surat tilang tanpa menimbulkan kemacetan.

"Infaq" di kelurahan Rawamangun

Tanggal Post: 2011-11-02 07:59:50
Instansi/Layanan Publik: Pembuatan KTP
Suap (dalam Rupiah): 5000.00
On Tags: KTP 

Saat membuat KTP di kelurahan Rawamangun Jaktim, anda akan disodori kupon infaq oleh staf kelurahan. Modus ini selalu dipakai oleh petugas layanan publik karena masyarakat akan merasa malu jika tidak memberikan sumbangan. Padahal pada kenyataannya kupon infaq tersebut hanyalah muslihat belaka.

Suap di Satpas Polda Metro Jaya

Tanggal Post: 2011-11-02 07:56:01
Instansi/Layanan Publik: Pembuatan SIM
Suap (dalam Rupiah): 250000.00

Petugas di Satpas Polda Metro Jaya selalu mengincar para calon pembuat SIM yang datang sendirian (tanpa calo dan tanpa beking). Sebelumnya. saya membuat SIM C di Jawa Timur dan berhasil menyelesaikan ujian tulis dengan baik. Sementara ketika membuat SIM A di Satpas Polda Metro Jaya, dengan pertanyaan yg sama, saya dinyatakan tidak lulus ujian tulis.

Ketika saya tanyakan hasil ujian tulis untuk melihat pertanyaan mana saja yang salah, petugas tidak bersedia memberikannya dengan alasan rahasia negara. Kemudian ketika saya tanyakan adakah buku panduan dari kepolisian mengenai peraturan lalu lintas, petugas tersebut mengatakan bahwa kepolisian tidak mengurusi urusan penerbitan peraturan. Ketika saya tanyakan mengapa ada peserta ujian yang datang belakangan, 5 menit sebelum ujian berakhir bisa lulus, petugas tersebut mengatakan bahwa itu bukan urusan dia.

Intinya petugas yg mengumumkan ujian tulis tersebut meminta uang Rp 250.000,- jika kami (waktu itu ada banyak peserta yg tidak lulus) ingin lulus ujian tulis. Seorang peserta bahkan berkata bahwa dia sudah tiga kali ikut ujian tulis tapi selalu tidak lulus tanpa pemberitahuan soal-soal mana saja yang salah sebagai bahan belajar selanjutnya baginya. Ini merupakan pemaksaan karena petugas tersebut tahu sebagian besar peserta yang berusaha jujur tanpa calo ini benar-benar memerlukan untuk segera memiliki SIM.